Press Release Pengabdian kepada Masyarakat 2020

image
By On Monday, September 28 th, 2020 · no Comments · In ,

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa program studi D3-Akuntansi. Pengabdian kepada masyarakat kali ini diselenggarakan di Kampung Batik Jetis, kota Sidoarjo, Jawa Timur. Kegiatan ini juga menargetkan pada para pelaku UMKM di daerah tersebut.

Tahun ini, pengabdian masyarakat mengusung tema “Pelatihan Akuntansi dan Manajemen Keuangan UMKM secara Daring dalam Masa Krisis Pandemi Covid-19”

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020. Acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator pada pukul 09.00. Pengabdian masyarakat tahun ini diselenggarakan secara online melalui zoom, berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara offline dengan mendatangi tempat UMKM secara langsung.

Acara berlangsung dengan mendatangkan 3 pemateri yaitu :

1. mahasiswa D3-Akuntansi

2. Ibu Phima Ruthia Dwikesumasari, S.E., M.SM.

3. Bapak Bani Alkausar, S.Pn., M.S.A.

Acara dibuka oleh moderator lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Himpunan Mahasiswa D3-Akuntansi, Angger Muhammad Naufal Fadil. Kemudian sambutan oleh Bapak Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak., CA. selaku ketua pembina Himpunan Mahasiswa. Acara dilanjutkan dengan penyampaian keluh kesah oleh para pelaku UMKM, diwakilkan oleh bapak Giri Triangga dan bapak Zainal Afandi. Setelah penyampaian keluh kesah oleh perwakilan UMKM acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ibu Phima Ruthia Dwikesumasari, S.E., M.SM. mengenai pemasaran produk dan dilanjutkan oleh Bapak Bani Alkausar, S.Pn., M.S.A. yang membawakan materi mengenai modernisasi perpajakan. Materi terakhir disampaikan oleh mahasiswa D3-Akuntansi mengenai penjurnalan transaksi hingga pembuatan laporan laba rugi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Pemberian materi dari ketiga narasumber diharapkan mampu memberikan manfaat tambahan terhadap keberlangsungan usaha di Kampung Batik Jetis. Selain itu juga sebagai cara pengelolaan yang baik di masa pandemi saat ini.

Adapun di akhir acara terdapat sesi Doorprize yang berhadiahkan pulsa bagi para peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia atas materi yang telah diberikan. Para peserta terlihat sangat antusias saat menjawab pertanyaan dari panitia. Sebelum penutupan terdapat sesi tanya jawab oleh peserta yang dapat diajukan oleh para pemateri. Acara ditutup oleh moderator pada pukul 13.00 dan diberikan kesimpulan atas berjalannya acara.

Kegiatan akhirnya ditutup setelah penyampaian tambahan dari perwakilan UMKM Kampung Batik Jetis, bapak Giri Triangga.