Press Release Webinar Nasional 2020

image
By On Wednesday, November 04 th, 2020 · no Comments · In ,

Sabtu, 24 September 2020, Himpunan Mahasiswa DIII-Akuntansi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional dengan tema “Pengaruh Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi Terhadap Perlakuan Akuntansi”. Tema didasarkan pada situasi pandemi saat ini yang membuat perubahan pada iklim usaha dan perekonomian serta perlakuan akuntansi dalam mengatasi krisis ekonomi yang sedang terjadi.

Mengusung tema tersebut diharapkan agar para peserta mengetahui bagaimana dampaknya masa pandemi dan krisis ekonomi ini terhadap perlakuan akuntansi dan juga mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi sehingga kita semua bisa siap untuk memasuki dunia kerja dengan kondisi yang seperti ini.

Webinar kali ini diisi oleh 2 narasumber berbeda yaitu dari segi akademisi akuntansi dan praktisi akuntansi. Akademisi akuntansi dibawakan langsung oleh salah satu dosen fakultas vokasi yaitu ibu Riska Nur Rosyidiana, SE., M.Ak dan praktisi akuntansi oleh ibu Dr. Rida Perwita Sari, SE., MAks., Ak., CA, CPA yang merupakan perwakilan dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

       

Webinar dibuka oleh MC pada pukul 08.00, Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama  oleh ketua Himpunan Mahasiswa DIII-Akuntansi, Angger Muhammad Naufal Fadil sekaligus menyambut dan menyapa dekan, narasumber, dan para peserta. Sambutan kedua oleh dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, bapak Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., MKes. Setelah sambutan, acara selanjutnya yaitu materi webinar yang disampaikan oleh kedua narasumber. Moderator mengambil alih acara dan mempersilahkan narasumber pertama untuk menyampaikan materinya.

Materi pertama disampaikan oleh ibu Riska Nur Rosyidiana, SE., M.Ak. Mengangkat topik Pengaruh Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi. Materi diawali dengan pembahasan mengenai krisis ekonomi, baik definisi, gejala, dampak yang akan terjadi, dan sejarah krisis yang pernah terjadi. Selain itu, ibu Riska juga memberikan gambaran mengenai peran akuntan saat kondisi seperti ini dari sisi akademisi, beliau mengungkapkan bahwa sektor pendidikan sejatinya juga turut mampu berkontribusi dengan menggelar pelatihan, seminar, maupun pengabdian yang meningkatkan pengetahuan para akuntan maupun pelaku industri UMKM.

Materi kedua disampaikan oleh ibu Dr. Rida Perwita Sari, SE., MAks., Ak., CA, CPA. dengan mengangkat topik Tantangan Akuntan dalam Menghadapi Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi. Pembahasan awal dimulai dengan isu “mati-nya” profesi akuntansi di era revolusi industri 4.0 yang mengacu pada buku The End of Accounting. Pembasan lainnya mengacu pada akuntan publik atau auditor dan menerangkan aspek regulatif kerja akuntan dan auditor di masa krisis. Menurutnya kedua profesi tersebut kini membutuhkan sikap integritas, komitmen, optimisme, serta semangat yang tinggi untuk menyikapi kondisi yang tak terduga.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 150 peserta termasuk peserta yang lolos 50 besar pada Kompetisi Akuntansi Airlangga. Webinar diakhiri dan ditutup pada pukul 11.00.

Diharapkan dengan diadakannya webinar ini peserta dapat mengetahui bagaimana tantangan yang akan di hadapi dalam masa pandemi dan krisis ekonomi seperti ini, jadi peserta tetap optimis dan mampu bersaing agar kedepannya meski dalam keadaan seperti ini tetap berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.